Sabtu, 02 Maret 2013

cara membuat spull dan efek guitar sederhana



Membuat Efek Gitar Sendiri (guitar effect)

Sudah 6 tahun (terhitung dari masuk kuliah mpek lulus) aku jadi manusia Teknik Elektro, tapi baru kemaren sukses ngrakit rangkaian elktronika, weh sueneng banget, soalnya, aku bidang studi komputer, bukan elka, jadi wajar klo gitu aja sueneng (wekekekeke...pembelaan sepihak).

Kemaren bikin efek gitar yang dari dulu aku idam2in, aku nyari rangkaian ini dah dari kapan taon, tapi dulu smepet bikin dan ga bisa bunyi, sampek aku konsul sama kakek ayik juga buat nyari masalah ga bunyinya dimn, tapi ya gitu Ayik, bisa bunyiin, tapi ga mau kasih tau yang manayangharusdibenerin.

Tapi akhirnya kemaren, termotivasi karena ga ada kerjaan, maklum pengangguran, dan semangat dari jemblung, akhirnya belanja2 sendiri, abis 22 ribu rupiah, itupun bisa dibikin 2 buah efek, soalnya semua komponen aku beli 2 kali kepbutuhan, takut ada masalah, daripada bolak-balikkemulyosari.
Rangkaianefekdasarnyasepertiini.

http://www.gmarts.org/pix/schem/a_mxrdist.gif
Aku dapet rangkaian ini dari http://users.sa.chariot.net.au/~gmarts/ampovdrv.htm tapi aku rubah bebrapa bagian, capasitor input 0.001uF aku rubah dengan 0.003uF,biar noisenya ga terlalu besar sama capasitor disebelah rangkaian aray dioda aku ganti dengan kapasitor 0.047uF, biar sustain nya tambah panjang.

Belakangan baru aku tau klo rangkaian dari GMArts ternyata emang sudah dikenal banyak orang, dan memang sudah terbukti hasilnya memuaskan.

Untuk kemudian, aku rencananya mo bikin tone controlnya , pengennya sih 3 channel aja, bass, mid, ma treble aja cukup, biar bisa mirip metal zone. Tar di seri ma efek yang sebelumnya.

Rangkaian ini dah lumayan koq suaranya, low noise, dan distortionnya dah cocok buat heavy metal sama hip metal, buat solo juga keren. Seneng lah pokoknya.

Ni snap shot dari karyaku, maaf klo ga solderannya kriting, dan amburadul, maklum, amatiran.
http://lh4.ggpht.com/_f87VUxnab1k/ST9_T-AZDwI/AAAAAAAAApQ/bU-E_sxW4So/s512/IMG_1053%20%28Large%29.jpghttp://lh5.ggpht.com/_f87VUxnab1k/ST9_T1yapQI/AAAAAAAAApY/JkFeJxGdreo/s512/IMG_1054%20%28Large%29.jpghttp://lh6.ggpht.com/_f87VUxnab1k/ST9_US5R9KI/AAAAAAAAApo/f9wBxs5yNN8/s512/IMG_1065%20%28Large%29.jpghttp://lh3.ggpht.com/_f87VUxnab1k/ST-BA3BgJbI/AAAAAAAAAqI/mACdWOuUTV4/s640/IMG_1077%20%28Large%29.jpghttp://lh6.ggpht.com/_f87VUxnab1k/ST-BA4EDlhI/AAAAAAAAAqQ/fGDOr-o8Bx4/s640/IMG_1081%20%28Large%29.jpg
Tentang spull/ pick up
Bagi kamu yang Hobbi Bermain gitar, PICK UP( SPULL) pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. karena dengan adaya Pick up didalam gitar, Suara gitar akan terdengar lebih keras dengan bantuan Sound system atau Amplifier. Ini biasa kita lihat pada gitar Elektrik dan Semi elektrik. Nah..Tapi alangkah bangga dan senengnya apabila Gitar yang kamu miliki mempunyai Pick up buatan  Kamu sendiri. Dimana suara gitar kamu akan kdengaran lebih keras dan asyik didengar dengan bantuan Amplifier di rumah kamu.. Mau tau Gimana caranya??? Dibawah ini akan saya jabarkan mengenai Pick up Sistem Kabel (Direct) Bukan Sistem Wirelles :
Alat/ bahan yang dibutuhkan :
- Solder
- Timah Solder
- Kawat  Kuningan/Tembaga
- Lakban (Selotip)
- Potongan Magnet Secukupnya
- Kabel Anti noise ( kabel yang terdapat pada microphone) Secukupnya
- Jack 2 Buah
- Kotak Pick up (Bikin sendiri)

Keterangan : Kawat kuningan halus Usahakan Berupa gulungan yang banyak dan harus mempunyai isolasi dan usahakan yang halus, karena semakin halus kawatnya maka semakin bagus kualitas suara ( sound) yang dihasilkan melalui Speaker Amplifier
Cara Perakitannya :
Ambil kawat  kuningan halus tadi Lalu Gulung sebanyak mungkin, awas jangan sampai ada yang terputus. Usakahan Diameter Gulungan Lebih kecil Sedikit Dari Diameter Lubang pada tabung gitar acoustic. setelah Gulungan Jadi, Solder Kedua Ujung Gulungan kawat tersebut dan sambungkan dengan Kabel Anti Noise. masukan Gulungan kawat kedalam sebuah kotak kecil sesuai ukuran gulungan agar gulungan bisa dimasukkan kedalam kotak.Lalu masukkan Magnet Kedalam gulungan yang sudah menjadi bentuk persegipanjang ( karena pengaruh bentuk kotak). Tutup pelan-pelan awas jangan sampai solderan terputus.Setelah itu, Hubungkan Jack dengan ujung kabel yang satunya lagi.
Oke..sekarang lakukanlah proses percobaan, Colokkan ujung jack kedalam Line IN ( mic) amplifier anda. adjust Setengah volume dan coba ketok-ketok bagian Atas Kotak Pick up menggunakan Obeng atau sejenis benda logam lainnya. Apabila Di Loudspeaker sudah terdengar Suara ketokan, Berarti Pick up anda telah Bekerja. tempelkan Pick up keposisi Bawah Senar gitar anda.Proses Instalasi kedalam gitar Silakan Anda kerjakan sendiri sesuai selera. Sekian dan terimakasih…Mudah-mudahan Bermanfaat.

NB: Untuk membuat Pick up gitar sederhana ini, disarankan harus kepada orang yang memiliki dasar elektronika yang cukup. tidak disarankan kepada orang yang benar2 buta dalam berelektronika.

6 komentar:

  1. gan bagi scema dan komponen buat efek gitar dong

    BalasHapus
  2. bagi skema n komponennya donk......

    BalasHapus
  3. Wah pasti hatinya senang... selamat yah udah punya efek gitar

    BalasHapus
  4. Mau coba juga mas. Keren kan kayak gitar beneran, hehehe. Puas kalu bisa buat sendiri. Itu intinya.
    Salam blogger. Semoga sukses ya mas.

    BalasHapus
  5. gan, ada skema nya gak? bagi dong..

    BalasHapus